Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Anak Usia SD

  • Silvia Artha Diningsih Siregar UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Konseling Kelompok, Kepercayaan Diri, Korban Bullying, Anak Usia SD

Abstract

Fenomena anak usia SD tidak memiliki kepercayaan diri akibat perilaku bullying yang dilakukan disekitar lingkungannya merupakan permasalahan urgen untuk diselesaikan. Fokus dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kepercayaan diri anak usia SD melalui konseling kelompok dan mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap kepercayaan diri korban bullying pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Pre Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest dan Postest. Populasi penelitian yaitu siswa SD di kabupaten Pandang dengan jumlah sampling sebanyak 8 Siswa yang teridentifikasi memiliki kepercayaan diri rendah. Instrument pengumpulan data angket Kusioner Kepercayaan diri dan lembar observasi pembelajaran Konseling Kelompok. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa nilai Z tabel sebesar -2,524 dengan menggunakan uji Z (Wilcoxon) sedangkan Wilcoxon sig p value sebesar 0,012 < α (α = 0,05). Hal ini menyimpukan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan penerapan konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan Diri Siswa Siswa. Temuan penelitian ini adalah otoritas pendidikan mengintervensi dan memperkenalkan intervensi anti-Bullying. Sementara itu, saat menulis penelitian ini, penulis menemukan celah seperti ketidaktahuan guru tentang ejekan, dan lingkungan keluarga yang perlu diselidiki secara mendalam

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agdiyani, V. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Lampung: UIN Raden Intan Lampung

Ali, S., Hartini, N., & Yoenanto, N. H. (2022). Characteristics Of Bullying Perpetrators And Bullying Victimization At The Indonesians Schools; A-Review. Journal of Positive School Psychology, 3392–3404.

Aluedse, O. (2006). Bullying in Schools: A Form of Child Abuse in Schools. Educational research quarterly, 30(1), 37-49.

Andreou, E. (2004). Bully/victim problems and their association with Machiavellianism and self-efficacy in Greek primary school children. British Journal of Educational Psychology, 74(2), 297–309. https://doi.org/10.1348/000709904773839897 DOI: https://doi.org/10.1348/000709904773839897

Ando, M., Asakura, T., & Simons-Morton, B. (2005). Psychosocial Influences on Physical, Verbal, and Indirect Bullying Among Japanese Early Adolescents. The Journal of Early Adolescence, 25(3), 268–297. https://doi.org/10.1177/0272431605276933 DOI: https://doi.org/10.1177/0272431605276933

Asro, M., Sugiharto, D. Y. P., & Awalya, A. (2021). Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Melalui Konseling Kelompok Teknik Role Playing. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(2), 35-41. DOI: https://doi.org/10.30653/001.202152.174

Azhari, A. (2019). Implementasi Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Praktik Bullying. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 19-29. DOI: https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.339

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5. DOI: https://doi.org/10.29210/02017182

Ghufron, S, M. N & Rini R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Mukhlis, M. M. (2022). Rancangan Model Konseling Kelompok Tazkiyatun Nafsi dalam Peningkatan Self-Esteem Siswa Korban Bullying. Eksistensi, 4(1). DOI: https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.6245

Oktavianto, E., Istiqomah, R. I., & Hartiningsih, S. N. (2022). Spirituality Correlates with The Self-Confidence of Teenagers as Bullying Victim. Caring: Indonesian Journal of Nursing Science, 4(1), 9-16.

Ormrod, J. E., (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Rostiana, D., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2018). The implementation of self instruction and thought stopping group counseling techniques to improve victim bullying self esteem. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 36-40. DOI: https://doi.org/10.26877/empati.v6i2.4274

Sari, S. K. (2021). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Mts Esa Nusa Islamic School Binong-Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2), 328-338. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2 DOI: https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.120

Siahaan, D. N. A. (2020). Konseling kelompok dengan pendekatan REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri anak korban kekerasan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 8-15. DOI: https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7507

Siswadi, A. A., & Ulumudin, F. (2018). Efektivtas konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(2), 58-63. DOI: https://doi.org/10.22460/fokus.v1i2.4167

Sukarti, S., Kurniawan, K., & Mulawarman, M. (2018). Mengurangi Bullying Verbal Melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrak Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1).

Suryapratama, S. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: KEMDIKBUD.

Syah, M. E. (2020). Rational Emotional Behavior Therapy (REBT) to Reduce Anxiety Bullying Victims in Adolescents. Journal of Family Sciences, 5(1), 36-46. DOI: https://doi.org/10.29244/jfs.5.1.36-46

Yani, R. A., Mustikasari, M., & Imelisa, R. (2022) The Effect of Counseling Group towards Self-efficacy at Victim Bullying Students. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i1-69 DOI: https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i1-69

Published
30-04-2023
How to Cite
Siregar, S. A. D., & Yusri, F. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Korban Bullying Pada Anak Usia SD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2264
Section
Articles